Custom Search

Kamis, 09 Juni 2011

Anak Muda Tak Cocok dengan Mobil Tua

 
Jakarta - Mobil tua dan anak muda ternyata tidak cocok. Bila dipaksakan, ternyata hasilnya banyak kematian dari perpaduan tersebut. Apalagi mobil tua tergolong tidak mampu memberikan perlindungan yang cukup bagi para pengemudi muda yang biasanya suka menginjak pedal gas berlebihan.

Dalam sebuah penelitian terbaru, kecelakaan yang mengakibatkan kematian dan luka parah yang banyak menimpa anak muda Inggris ketika berkendara setengahnya ternyata melibatkan mereka yang menggunakan mobil dengan umur lebih dari satu dekade.

Karena itulah bagi para orang tua alangkah baiknya bila membelikan anak mereka mobil berusia muda yang memiliki fitur keamanan yang baik atau kalau tidak bisa sekalian saja tidak dibelikan.

"Pengemudi muda adalah kelompok yang memiliki risiko tertinggi di jalan dan klaim di asuransi biasanya 20 persen kecelakaan terjadi di tahun pertama mereka," ungkap Direktur Kebijakan dan Penelitian Institute of Advanced Motorists (IAM) Neil Greig seperti detikOto kutip dari telegraph, Kamis (9/6/2011).

"Sebuah mobil baru tidak akan menjadi pilihan bagi semua orang tetapi ada banyak mobil bekas (berumur muda) yang akan hampir sama baiknya," tambahnya.

Dan bagi para orang tua yang ingin membelikan mobil pertama untuk anak mereka, ada baiknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1. Rating keselamatan.

Di banyak negara rating keselamatan New Car Assessment Program (NCAP) sangat diperhatikan. Makin aman sebuah kendaraan, makin tinggi dan makin banyak bintang yang didapatkan.

Tapi karena di Indonesia tidak ada lembaga yang membuat itu, alangkah baiknya memperhatikan fitur-fitur yang disematkan pada setiap mobil. Jangan hanya memperhatikan harganya yang murah.

2. Asuransi

Tidak bisa tidak, asuransi penting untuk diambil. Pilihlah dengan seksama asuransi untuk anak yang akan mendapat mobil pertama mereka sekaligus asuransi untuk mobil itu sendiri. Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

3. Garansi

Perhatikan dan cari tahu apakah produsen mobil yang anda ingin beli berkomitmen dalam mengaransi kualitas mobil yang mereka jual. Bila mobil seken, perhatikan dengan seksama kondisi mobil yang ingin dibeli.

4 Penyusutan nilai

Pahami bahwa setiap kendaraan yang akan anda beli makin hari nilainya akan makin terdepresiasi. Maksudnya, harga tiap kendaraan akan terus berkurang dari waktu ke waktu. Jadi telitilah dan cari tahu mana kendaraan yang nilai depresiasinya paling rendah diantara yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar